Kamis, 26 Juni 2014

Mengapa semangka harus dilandasi jerami


     Pernahkan anda memperhatikan penjual semangka dipinggir jalan, mengapa mereka menata semangka dengan landasan jerami ? menarik dipelajari karena fakta mengungkapkan semangka yang ditata bersama jerami mempunyai kualitas yang lebih baik dibanding tanpa jerami untuk jangka waktu yang lebih lama, lalu bagaimana mengukur kualitas semangka ? mari kita lihat data dari http://nutritiondata.self.com/ ternyata dari 154g semangka 141g nya adalah air bernutrisi (vitamin A 18% dan vitamin C 21 %) atau 91 % dari semangka adalah air. Wow . . . ini menarik isi semangka adalah air maka belilah semangka yang bermassa besar walaupun kecil karena banyak mengndung air dari pada semangka yang kelihatan besar tapi ringan (kandungan air didalamnya rendah). Perhatikan jika kita sudah membelah semangka tidak langsung di makan, maka kandungan air bernutrisi didalam semangka akan mudah menguap dan hilang (kisut).  

     Maha besar ALLAH, inilah jawaban mengapa kulit semangka tebal biar kandungan air didalamnya tidak mudah menguap. Lalu apa hubungannya dengan jerami ? coba perhatikan struktur jerami dibawah ini yang saya bandingkan dengan struktur termos yang ternyata mempunyai struktur ruang hampa yang hampir sama. Kenapa air panas didalam termos tidak mudah hilang ? karena energi panas membutuhkan medium untuk merambat, panas tidak dapat merambat dimedium hampa, karena itu air panas didalam termos akan awet. Lalu bagaimana bumi dapat energi panas dari matahari yang dipisahkan oleh ruang hampa ? tentu saja panas di bumi didapat dari matahari tidak berasaal dari rambatan panas tetapi dari radiasi sinar matahari dalam bentuk gelombang yang dapat merambat tanpa medium (maha besar ALLAH.)

Hukum ke-nol termodinamika mengungkapkan ‘ Jika dua benda berada dalam kesetimbangan termal dengan benda ketiga, maka ketiga benda itu berada dalam kesetimbangan termal’. Atau dengan kata lain jika panas aspal dari pantulan sinar matahari merambat ke semangka, maka semangka yang dijual ditepi jalan akan mudah kehilangan kandungan air bernutrisinya karena menguap mengikuti hukum ke-nol termodinamika.  Jerami yang hampir sama strukturnya dengan termos akan menahan laju aliran panas / kalor dari lingkungan ke dalam semangka karena panas ditak dapat merambat lewat medium hampa udara.. . ..  he . . .he . . . kalau ALLAH sudah memberikan pemahaman kepada seseorang maka orang tersebut kadang tidak perlu belajar terlalu tinggi seperti kebanyakan penjual semangka yang tidak tahu tentang hukum ke-nol termodinamika tentang kesetimbangan termal tapi sudah dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan ini untuk meningkatkan taraf kualitas hidupnya. Oleh karena itu saya sangat senang sekali ALLAH akan mengangkat derajat seseorang karena ilmunya berbanfaat untuk diri dan orang lain.

By Wawan Kurniawan 

0 komentar:

Posting Komentar